Jumat, 18 Februari 2011

Pendidik dan Tenaga Kependidikan

I.       PENDAHULUAN
Pendidik dan tenaga kependidikan menempati posisi yang sangat penting dalam kegiatan pengelolaan pendidikan. Pendidik (guru) sebagai orang tua di sekolah berkewajiban memberikan bimbingan, pengarahan dan memandu siswa untuk menjapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian maka pendidik yang berkualitas merupakan salah satu indikator dalam penjaminan mutu pendidikan.
Tak kalah penting keberadaan tenaga kependidikan juga memberikan andil dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tenaga kependidikan sebagai penunjang terlaksananya proses pendidikan juga perlu menjadi perhatian dalam manajemen di lingkungan sekolah.
Keberhasilan manajemen sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan pimpinan dalam mengelola tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Manajemen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga pendidik dfan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal.

II.    MANAJEMEN PERSONALIA SMK NEGERI 1 SAROLANGUN
A.     Landasan Hukum
1.        Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.       Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
3.       Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

B.      Analisis Kebutuhan
Analisis kebutuhan merupakan kegiatan untuk menentukan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif untuk sekarang dan masa depan. Analisis kebutuhan personalia di SMK Negeri 1 Sarolangun dapat dilihat pada tabel berikut:
1. Tenaga Pendidik

NO
Bidang Studi
Latar Belakang Pendidikan Yang dibutuhkan
Jml Jam / minggu
Jumlah Rombel
Total Jam
Keadaan Guru
Keterangan
Butuh
Ada
Lebih
Kurang
1
2

3
4
5
6
7
8
9
10
I.
PROGRAM NORMATIF










1
Pendidikan Agama
S-1 + Akta
2
37
74
3
3
-
0


2
Pendidikan Kewarganegaraan
S-1 + Akta
2
37
74
3
1
-
2


3
Bahasa Indonesia
S-1 + Akta
4
37
148
6
1
-
5


4
Pendidikan Jasmani
S-1 + Akta
2
37
74
3
1
-
2


5
Pendidikan Seni Budaya
S-1 + Akta
2
37
74
3
1
-
2











-

II.
PROGRAM ADAPTIF







-


1
Bahasa Inggris
S-1 + Akta
4
37
148
6
3
-
3


2
Matematika
S-1 + Akta
6
37
222
9
1
-
8


3
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
S-1 + Akta
2
37
74
3

-
3


4
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
S-1 + Akta
2
37
74
3

-
3


5
Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
S-1 + Akta
4
37
148
6
2
-
4


6
Kewirausahaan
S-1 + Akta
2
37
74
3
2
-
1


7
Fisika
S-1 + Akta
2
37
74
3
2
-
1

1
2

3
4
5
6
7
8
9
10

8
Kimia
S-1 + Akta
2
37
74
3
1
-
2


9
Biologi
S-1 + Akta
2
5
10
1
1
-
-


10
Muatan Lokal
S-1 + Akta
2
37
74
3

-
3











-

III.
PROGRAM PRODUKTIF







-


1
Teknik Kendaraan Ringan
S-1 Otomotif + Akta
42
8
336
14
2
-
12


2
Teknik Sepeda Motor
S-1 Otomotif + Akta
42
4
168
7
1
-
6


3
Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman
S-1 Pertanian + Akta
42
5
210
9
2
-
7


4
Teknik Instalasi Tenaga Listrik
S-1 Teknik Elektro + Akta
42
4
168
7
5
-
2


5
Teknik Komputer dan Jaringan
S-1 Teknik Komputer + Akta
42
9
378
16
2
-
14


6
Teknik Survei dan Pemetaan
S-1 Teknik Sipil + Akta
42
2
84
4
2
-
2


7
Teknik Gambar Bangunan
S-1 Teknik Arsitektur + Akta
42
2
84
4
3
-
1


8
Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
S-1 Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian + Akta
42
3
126
5

-
5

IV
BIMBINGAN KONSELING
S-1 Bimbingan Konseling



9
1
-
8

JUMLAH

376
560
2970
134
36
0
97





































































2. Tenaga Kependidikan

No.
Jenis Jabatan
Kualifikasi Pendidikan
Kebutuhan
Yang Ada
Kekurangan
1
2
3
4
5
6
1
 Kepala Tata Usaha
S-1 Administrasi
1
1
-
2
 Pelaksana Ur. Kepegawaian
SMA Sederajat
2
1
1
3
 Pelaksana Ur. Keuangan
SMK Akuntansi
 2
 -
 2
4
 Pelak. Ur.Perb/Logistik
SMA Sederajat
 3
 1
 2
5
 Pelak. Ur.Kesekretariatan
SMK Administrasi Perkantoran
 5
 1
 4
6
 Pelak. Ur. Adm. Kesiswaan
SMA Sederajat
 5
 1
 4
7
 Pesuruh/ Caraka
SMP Sederajat
 6
 3
 3
8
 Layanan Teknis bid.Pertanaman /kebun sekolah/Tkg. Kebun
SMK Pertanian
 5
 1
 4
9
 Penjaga sekolah/Satpam
SMP Sederajat
 5
 1
 4
10
 Pengemudi
SMA Sederajat
 3
 -
 3
11
 Pustakawan
D-III Perpustakaan
 4
 1
 3
12
 Teknisi Bangunan
SMK Bangunan
 2
 -
 2
13
 Teknisi Kelistrikan
SMK Listrik
 2
 1
 1
14
 Teknisi peralatan Peraktik
SMK Teknik Mekanik Otomotif
 2
 -
 2
15
 Teknisi Perbengkelan
SMK Taknik Mesin
3
-
3
16
Teknisi Komputer
SMK Teknik Komputer
3
1
2
17
Toolman
SMK Sesuai Kompetensi Keahlian
10
4
 6

 JUMLAH
63
17
46

A.     Pengadaan
Pengadaan personil merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada lembaga, baik jumlah maupun kualitas. Untuk mendapatkan pegawai yang diinginkan SMK Negeri 1 Sarolangun melakukan dengan dua sistem yakni usulan dan rekrutmen.
1.        Melalui Usulan
Mengusulkan kepada pihak yang berkepentingan yakni Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun, Kepala BKD Kabupaten Sarolangun untuk mengisi formasi yang dibutuhkan dalam rekrutmen CPNSD Kabupaten Sarolangun. Usulan dilengkapi dengan analisis kebutuhan dan proyeksi kebutuhan baik untuk tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
2.       Melalui Rekrutmen
Selain pengusulan SMK Negeri 1 Sarolangun juga melakukan proses rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan personalia yang belum terakomodir dalam usulan.  Rekrutmen pegawai ini dilakukan dengan sistem seleksi yang meliputi wawancara dan tes kompetensi bagi jabatan-jabatan yang memerlukan keterampilan khusus.

B.      Pembinaan dan Pengembangan
Pembinaan dan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Sarolangun dilakukan dengan mengikut sertakan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh lembaga diklat baik tingkat kabupaten maupun tingkat nasional.  Dalam meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Sarolangun menjalin kerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) antara lain:
1.        PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik Medan
2.       PPPPTK Bidang Mesin dan Teknologi Industri Bandung
3.       PPPPTK Bidang Bisnis dan Pariwisata Sawangan, Depok
4.      PPPPTK Bidang Elektronika dan Otomotif, Malang
C.     Penilaian
Penilaian pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 1 Sarolangun difokuskan pada prestasi individu dan peran sertanya dalam kegiatan sekolah. Penilaian ini juga merupakan umpan balik dari berbagai hal seperti kemampuan, kelebihan, kekurangan dan potensi yang pada gilirannya bermanfaat untuk pengembangan karir. Bagi sekolah penilaian ini penting untuk pengambilan keputusan dalam penempatan posisi serta promosi untuk jenjang jabatan yang disesuaikan dengan kemampuan.

III. PENUTUP
Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan ini dilakukan tidak hanya semata-mata untuk kepentingan tercapainya tujuan sekolah, tetapi juga memperhatikan tercapainya tujuan personalia itu sendiri. Dengan manajemen yang baik maka potensi personalia dapat dipetakan dengan baik. Hal ini akan memudahkan sekolah dalam menempatkan personal sesuai dengan kemampuan yang dimiliki untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar